Alat Musik Tradisional

Alat Musik Tradisional Di Indonesia Yang Mendunia

Detik Musik Musik Tradisional

Detik Musik – Dalam perkembangan sebuah musik yang kini kian canggih dan modern. Maka keberadaan alat musik tradisional tidak pernah hilang dan juga masih saja banyak yang meminati. Serta ada juga beberapa alat musik tradisional Indonesia yang kini sudah dikenal dari belahan dunia.

Dimana Indonesia yang termasuk salah satu negara dengan kaya keragaman alat musiknya. Hal tersebut juga tidak lepas dikarenakan kekayaan budaya masyarakatnya. Banyak sekali alat musik yang dapat anda temui. Serta semuanya mempunyai keunikan masing-masing tersendiri.

Alat Musik Tradisional Di Indonesia Yang mendunia

1. Angklung

Angklung

Pertama alat musik yang dinamakan angklung. Alat musik ini tidak terkenal hanya di Indonesia saja, tapi di mancanegara. Banyak warga asing yang minat dan tertarik dengan alat musik ini. Cara memainkannya dengan menggerakan tangan kita.

Angklung ini alat musik yang bahannya terbuat dari bambu. Dimainkan dan dibunyikan dengan digoyangkan. Setelah digoyangkan kemudian akan bunyi musik akan keluar. Hal tersebut dikarenakan dari beberapa benturan dari pipa bamboo. Hingga sampai akhirnya bunyi tersebut menghasilkan sebuah susunan nada 2-3 dan sampai 4 untuk setiap ukuran baim besar atau juga kecil.

2. Gamelan

Alat Musik Tradisional Gamelan

Kedua yaitu alat musik yang bernama Gamelan. Sebuah alat musik yang berasa dari daerah Jawa Tengah. Untuk cara memainkannya sendiri dengan cara dipukul menggunakan sebuah alat pemukul.

Kata Gamelan itu yang berasal dari Jawa Gamel dengan mempunyai arti menabuh ataupun menabuh. Akhirannya yang menjadikan sebuah kata benda. Alat musik ini memiliki beberapa himpunan seperti Bonang burung, bonang penerus, saron, kendang dan rebab.

Biasanya live musik seperti gamelan ini terdapat di beberapa pulau seperti, Jawa, Bali, Lombok dan Madura dengan sebuah bentuk dan jenis ukurannya sangat bervariasi.

3. Kolintang

Kolintang

Kemudian ada alat musik yang dinamakan Kolintang. Merupakan alat musik tradisional yang juga tidak mendunia hingga sampai sekarang. Kolintang ini berasal dari sebuah daerah Sulawesi Utara, Minahasa.

Tidak disangka Kolintang ini sudah memecahkan rekor dunia sekitar tahun 2009 lalu. Seperti informasi yang kami dapatkan dari Bacaan Liputan online. Bahwa tercatat 3.000 an orang yang bermain alat musik bambu tersebut bersama-sama. Dan memainkan kolintang secara massal pada stasiun tondano, Minahasa dan Sulawei Utara sebanyak 1.222 orang.

Dari ribuan peserta yang memainkan alat musik tersebut, mereka masing-masing memainkan secara bagus. Jadi nada yang dapat dihasilkannya juga mempunyai nilai yang tinggi.

Baca Juga : Alat Musik Khas Sunda Jawa Barat

4. Tifa

Tifa

Keempat yaitu alat musik tradisional yang bernama Tifa. Dimana alat musik ini berada pada Papu dan Maluku. pada dasarnya Tifa ini dimainkan dengan menggelar sebuah acara atau upcara adat. Dalam sebuah pertunjukan pentas seni musik atau tarian tradisional.

Bahannya terbuat dari kayu yang sudah dilubangi pada bagian tengah. Untuk cara memainkannya sendiri alat musik ini dimainkan secara dipukul pada bagian ujung Tifa. Selain bentuk yang klasik. Tifa ini bisa menghasilkan sebuah suara yang indah dan unik. Jadi banyak turi-turi yang tertarik. Dan menjadikan oleh-oleh ketika pulang dari Papua atau Maluku.

5. Slenthem

Slenthem

Bagian Tengah juga mempunyai alat musik tradisional bernama Slenthem. Yang dimainkan seperti alat musik Gong. Yaitu dengan dipukul dengan alat pukul yang sudah dibuat khusus. Namun Slenthem ini juga termasuk sebuah instrumen gamelan.

Seperti instrumen lainnya dalam satu set di Gamelan. Slenthem ini juga mempunyai sebuah versi slendro dan Pelog versi. Umumnya bilahan Slenthem ini mempunyai nada C sampai B. Dan sedangkan Slenthem Slendro mempunyai nada E, G, D, C, A.